Posted by: mohamaddanial | December 15, 2008

10 sikap paradoks dari Mihaly


Mihaly menyatakan ada 10 sikap paradok yang dimiliki oleh orang-orang Kreatif. Tolong analisis dan berikan komentar pribadi Anda terhadap 10 sikap paradok tersebut.

Berikut ini adalah 10 sikap paradok yang dinyatakan oleh Mihaly:

1. Creative people have a great deal of physical energy, but they’re also often quiet and at rest.

Comment:Mereka punya antusiasme yang besar sehingga menuntun fisik mereka untuk sampai kepada tujuan, tetapi mereka juga membutuhkan ketenangan dan istirahat, untuk memberikan kesempatan pada alam bawah sadar mereka untuk memproses hal-hal yang datang ke dalam pemikiran mereka.

2. Creative people tend to be smart yet naive at the same time.

Comment: iya, menurut saya orang-orang kreatif selain pintar juga kadang-kadang memiliki sifat naif, karena mereka selalu menjaga tingkat optimisme mereka, yang di mata orang lain menimbulkan pendapat-pendapatan tentang sebuah tingkat kenaifan yang aneh, yang tetap menjaga ambiguitas yang seharusnya mampu pada posisi yang lebih jelas, berusaha melewati jalur-jalur baru, padahal jalan lama telah terbuka begitu lebar dan memberikan tingkat kenyamanan yang cukup, relativitas dari kenaifan sendirilah yang telah membuat penilaian menjadi cukup dan terlalu jelas bagi sebagian orang.

3. Creative people combine playfulness and discipline, or responsibility and irresponsibility.

Comment: Orang-orang kreatif adalah orang-orang yang memiliki disiplin tetapi menganggap bahwa sedisiplin apapun mereka bekerja, mereka tetap menganggap bahwa semua bagian dari pekerjaannya adalah sebuah permainan, sebuah kesenangan, yang akan selalu melahirkan hal-hal baru, yang dibutuhkan dalam melakukan apapun, termasuk dalam bekerja, karena pekerjaan sesungguhnya adalah permainan, dan permainan adalah sebuah pekerjaan, pekerjaan untuk selalu berpikir dan berkreasi, untuk menggabungkan dan menghasilkan hal-hal yang belum pernah ditemukan dan dilakukan oleh orang-orang terdahulu kita. Menggabunggkan antara tanggung jawab dengan ketidaktanggungjawaban, karena peraturan adalah sesuatu yang harus dilanggar, terlalu banyak peraturan-peraturan yang memiliki paradoks dengan tujuannya, memenggal krativitas, menghanguskan segala daya dan upaya untuk selalu menghasilkan sesuatu yang baru, jadi menurut saya, seimbangkanlah berpikirlah sebebas apapun tanpa tanggung jawab, dengan tetap berfokus pada hasil yang bertanggung jawab.

4. Creative people alternate between imagination and fantasy, and a rooted sense of reality.

Comment: benar sekali, karena menurut saya tidak terhitung hal-hal yang bisa diimajinasikan dan difantasikan, tetapi orang-orang kreatif adalah orang-orang yang mampu menggunakan seluruh kemampuan imajinasinya, selain mampu memuaskan diri sendiri, mampu juga untuk memberikan keuntungan kepada orang lain, dan hal yang dapat menghubungkan itu adalah bukti realitas.

5. Creative people trend to be both extroverted and introverted.

Comment: orang-orang kreatif adalah orang-orang yang terbuka terhadap apapun, yang selalu memberikan panca indranya untuk memuaskan rasa keingintahuannya, tetapi pada waktu yang sama mereka begitu tertutup karena mereka membutuhkan waktu untuk merefleksi, menggabungkan, dan menyusun kembali hal-hal yang telah dia serap, sebagai bekal untuk melanjutkan perjuangan pemenuhan rasakeingintahuannya di waktu selanjutnya.

6. Creative people are humble and proud at the same time.

Comment: berdasarkan pengalaman, orang-orang kreatif yang pernah saya kenal selama hidup saya adalah orang-orang yang rendah hati,, karena mereka yakin bahwa mereka mendapatkan hasil itu bukan hanya karena usaha mereka seorang, tapi adalah hasil kombinasi bantuan dari orang lain, lingkungan, dan Maha Pencipta, dan bangga karena mereka selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam prosesnya, dan yakin bahwa definisi mayoritas yang berpaku pada hasil adalah bukan tugas utama yang sesungguhnya.

7. Creative people, to an extent, escape rigid gender role stereotyping.

Comment: kreatif adalah tidak pernah mebuat batasan-batasan terhadap sesuatu, walaupun banyak yang mengatakan bahwa perempuan adalah orang-orang yang memiliki penilaian perasaan terbaik, dan laki-laki adalah orang yang memiliki penilaian logika terbaik, dan pemikiran itulah yang membuat setiap gender fokus pada hal-hal mereka, dan kombinasi keduanya yang akan membuat pemikiran dan kehidupan jauh lebih berwarna dan indah. Karena, perasaan adalah logika yang tersusun terlalu acak, dan logika adalah perasaan yang terlalu dihitung.

8. Creative people are both rebellious and conservative.

Comment: Orang-orang kreatif adalah seorang pemberontak, yang selalu berpikir bahwa penemuan-penemuan terbaik belum pernah tercipta, jalan-jalan berpikir baru belum pernah dilewati, dan menggabungkan hal-hal yang tak terhingga, adalah sebuah permainan yang penuh kenikmatan dan memiliki kepuasan yang tak bisa digantikan oleh apapun, tetapi mereka juga adalah orang-orang yang konservatif, yang mampu memberikan cara-cara paling kaku dan mendasar sebagai jembatan konversi agar penyampaian2 ide, imajinasi dan fantasinya mempu diterima secara universal.

9. Most creative people are very passionate about their work, yet they can be extremely objective about it as well.

Comment:berhasrat dengan pkerjaan yang ditekunimya, tetapi mereka mampu berhenti sejenak untuk keluar, melihat dari sudut pandang berbeda dari apa yang sedang mereka kerjakan, untuk selalu memberikan penilaian yang adil terhadap kebenaran dan tujuan murni dari apa yang sedang mereka lakukan. Karena korektor terbaik dalam hidup adalah perspektif yang benar.

10. Creative people’s openness and sensitivity often exposes them to suffering and pain, yet also to a great deal of enjoyment.

Comment:kreatif adalah tentang keterbukaan dan sensitivitas, tetapi kadang-kadang hal itu memberikan penilaian yang berbeda dari orang lain, menyalahartikannya, melahirkan hujatan dan kecaman, dan jg melahirkan kenikmatan tertinggi, karena semakin jauh hal-hal yang bertentangan menurut pandangan orang lain, apabila sukses akan memberikan hal yang benar-benar baru untuk kemaslahatan orang lain, sedangkan apabila gagal?ya coba lgJjust like the principle of economic, low risk, low return, high risk, ya high return, jadi coba dan coba lagiJ

Analisis dan komentar Anda (personal bukan kelompok) boleh dalam bahasa Indonesia atau English.

Komentar saya, orang kreatif yang pernah saya temui selama hidup saya, memliki karakter yang berbeda antara satu dengan yang lainnya, tapi mereka selalu memiliki satu kesamaan, antusiasme, rasa antusias yang selalu memberikan inspirasi terhadap orang lain disekitarnya,yang memberikan energi dan kehidupan yang sedang ia jalani, sebuah kekuatan yang tidak akan pernah luluh oleh apapun yang terjadi. Pada akhirnya saya Cuma mau mengucapkan terima kasih buat individu-individu yang telah memberikan ilmu yang begitu berarti dan inspirasi-inspirasi hidup yang begitu berharga, semoga dan saya yakin bisa untuk menjadi orang kreatif dengan tingkat antusiasme yang begitu besar seperti mereka, dengan karakter dan warna kehidupan yang telah saya jalani.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: